0896-835-444-27
0896-835-444-27
0896-835-444-27

Cara Klaim Garansi Laptop Asus Acer Lenovo Dell Sharp dan Elektronik Lainnya

Thursday, November 16th 2017. | Blog

Cara Klaim Garansi Laptop Asus Acer Lenovo Dell Sharp dan Elektronik Lainnya

Halo sobat, kali ini kami akan membuat ulasan yang diharapkan dapat membantu anda yang lagi kebingungan or butuh solusi cepat untuk laptop maupun barang elektronik lain anda yang lagi rusak. Cara klaim garansi laptop dan tv. Topik yang akan admin bahas kali ini adalah tentang cara melakukan klaim garansi atas laptop / produk elektronik yang telah anda beli. Banyak pihak yang kesulitan melakukan klaim garansi, mungkin karena ketidak tahuannya atau pun karena memang tidak ada waktu luang. Berikut akan admin ulas cara jitu melakukan klaim garansi laptop dan barang elektroinik lainnya, cekidot !

Laptop / Barang Elektronik Anda Masih Garansi

Jika laptop / barang elektronik anda masih dalam masa garansi, biaya servis akan di gratiskan, tergantung kebijakan oleh importir pemegang merk. Lamanya durasi cakupan garansi juga bervariasi tergantung merk dan jenis barang. Kalau laptop, umumnya diberikan garansi 2 tahun untuk merk asus dan garansi 1 tahun untuk merk lainnya. Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan klaim garansi ?

  1. Pastikan Laptop / elektronik anda masih dalam kondisi dan kelengkapan sbb
    1. Ada Kartu Garansi

      Kartu garansi adalah hal yang paling lazim untuk menerima layanan perbaikan secara gratis. Sebaiknya kartu garansi dan nota anda simpan di tempat yang aman agar tidak terbuang, karena di kemudian hari kemungkinan anda akan membutuhkannya.
      Keharusan adanya kartu garansi ketika mengajukan klaim adalah kebijakan hampir seluruh merk elektronik di dunia. Meskipun demikian, ada beberapa merk dunia yang tidak memerlukan kartu garansi, karena mereka menggunakan sistem pendataan nomor seri produk secara online, seperti produk Apple dan beberapa produk Samsung.
    2. Pastikan Kartu Garansi distempel
      Kartu Garansi yang tidak berstempel toko ketika membeli tidak akan dilayani. Pastikan anda meminta stempel di kartu garansi ketika anda membeli laptop / elektronik lainnya. Tapi kalau memang kelupaan, anda bisa saja di kemudian hari baru ke toko itu lagi untuk meminta stempel, artinya nota pembelian juga harus diubah menyesuaikan tanggal anda stempel. Jadi seakan-akan anda baru membeli produk itu pada tanggal saat anda meminta stempel, padahal aslinya anda sudah memakai produk tersebut hampir setahun lamanya. No problem, bisa diakali.
    3. Pastikan Kartu Garansi Diaktivasi
      Ini yang paling peeenting dan amat sangat jarang sekali pembeli yang care dengan hal ini. Kartu garansi yang sudah di stempel pun tidak akan dilayani klaim garansinya kalau tidak diaktivasi. Lalu bagaimana cara aktivasi kartu garansi? Setiap merk memiliki kebijakan aktivasi yang berbeda-beda. Kalau Laptop Asus, anda tidak perlu mengirim kartu garansi ke distributor, enak cukup disimpan saja. Kalau Laptop Lenovo dan lain lain, anda harus mengirimkan kartu garansi yang sudah terisi data data dan stempel toko ke alamat distributor lenovo supaya status garansi menjadi aktif. Lain halnya dengan produk elektronik Sharp, aktivasi garansi sharp hanya cukup mengirimkan sms berisi data-data pribadi dan tanggal pembelian, itu saja, simpel
    4. Ada nota pembelian
      Nota pembelian juga menjadi syarat dokumen yang melengkapi kartu garansi, tanggal pembelian dan stempel toko pada nota harus sama persis dengan tanggal dan stempel pada kartu garansi. Jika anda kelupaan stempel kartu garansi dan lupa mengirim kartu garansi ke distributor, anda harus mengakali dengan membuat nota baru dengan tanggal saat ini.
    5. Segel resmi distributor masih utuh

      Apa itu segel resmi distributor? Segel itu biasanya sejenis stiker kertas yang menutupi lubang baud pada laptop atau pun peralatan elektronik lainnya. Jaga, jangan sampai segel tersebut rusak. Jika segel tersebut rusak, pastinya anda akan ditolak ketika melakukan klaim garansi karena asumsi mereka laptop / elektronik anda sudah pernah dibongkar sebelumnya oleh pihak selain distributor resmi. Anda akan dikenakan biaya regular ketika melakukan servis, tidak lagi gratis.
    6. Bukan kerusakan fisik

      Pastikan kerusakan laptop / elektronik anda bukanlah kerusakan fisik seperti layar pecah, terbanting, tercebur kedalam air, tersiram air, terinjak dll. Itu sudah pasti diluar cakupan jaminan garansi. Distributor tidak akan melayani perbaikan laptop / elektronik yang mengalami kerusakan fisik. Yang dilayani oleh distributor hanyalah kerusakan alami, pemakaian biasa seperti : tiba-tiba mati, sering restart sendiri, hang, layar bergaris, layar blank putih, suara tidak keluar, dan kerusakan fungsi lainnya pada laptop dan elektronik anda.
  2. Cek nama perusahaan pemberi garansi?
    Setiap merk laptop dan elektronik di indonesia memiliki nama importir yang berbeda-beda. Misalnya lenovo distributor utama nya adalah PT. Metrodata, kalau asus PT Datascript, Ada lagi PT Erajaya swasembada dan lain lain. Lihat kartu garansi anda, cek nama perusahaan penjamin garansinya, lihat dimana alamat servis center resmi yang berada di kota anda. Jika di kartu garansi anda tidak menemukan servis center resmi di kota anda, anda bisa cari digoogle dengan mengetik “servis center asus banjarmasin”, atau “servis center sharp jayapura” tapi sebelum datang ke servis center tersebut, tanya apakah laptop / elektronik saya bisa dilayani disana? Di kartu garansi saya tertulis “PT Metrodata”. Karena servis center hanya melayani laptop / elektronik yang diimpor lewat perusahaan mereka saja.
  1. Cek status garansi produk
    Pastikan garansi laptop / elektronik anda masih aktif. Ada beberapa cara, lihat nota pembelian dan kartu garansi anda, apakah sudah setahun sejak tanggal pembelian? Jika kartu garansi anda masih kosong belum teraktivasi, anda harus mengisinya terlebih dahulu lalu mengaktivasi (ikuti poin 1 C). Untuk merk Apple atau samsung sudah bisa mengecek status garansi lewat website di https://checkcoverage.apple.com/id/in/ anda cukup memasukan serial number produk anda, informasi garansi pun langsung anda dapatkan.
  2. Laptop / Barang Elektronik anda sudah tidak bergaransi
tags: , , , , , , ,

Artikel lain Cara Klaim Garansi Laptop Asus Acer Lenovo Dell Sharp dan Elektronik Lainnya